Pengumuman Topik Tugas Akhir


Dibutuhkan mahasiswa yang berminat mengerjakan Tugas Akhir dengan pilihan topik sebagai berikut:

  1. Sintesis karbon nanopori/karbon aktif dari tempurung kelapa dengan merekayasa ukuran pori. Metoda yang digunakan adalah pemanasan tempurung kelapa yang diberi katalis dengan menggunakan alat tungku pembakar/furnace inert. Karakterisasi yang dilakukan adalah pengukuran luas permukaan dan ukuran pori dengan alat nitrogen physisorption.
  2. Pembuatan elektroda superkapasitor karbon nanopori/karbon aktif (tanpa melakukan sintesis). Metoda yang digunakan adalah pelapisan secara manual. Pengukuran yang dilakukan adalah pengujian cyclic voltammetry untuk mengevaluasi kestabilan elektroda superkapasitor.
  3. Pembuatan elektroda superkapasitor dengan variasi elektrolit. Pengukuran yang dilakukan adalah pengujian cyclic voltammetry untuk mengevaluasi jenis elektrolit yang baik.
  4. Pembuatan hydrogel/elektrolit padatan. Metoda yang dilakukan adalah sol-gel. Pengukuran yang dilakukan adalah konduktivitas elektrolit dan aplikasinya pada superkapasitor.
  5. Pembuatan sel Capacitive Deionization (CDI) untuk desalinasi air laut menggunakan prinsip superkapasitor. Metoda yang digunakan adalah pelapisan secara manual. Pengukuran yang dilakukan adalah pengujian kemampuan desalinasi sel CDI menggunakan TDS meter.

*) silakan menghubungi MMS


Leave a Reply